Dengan ukuran yang sedikit lebih luas dari ukuran rumah type 36, rumah type 45 memang paling banyak diminati oleh masyarakat. Rumah type 45 siap huni yang dipasarkan oleh developer perumahan, biasanya memiliki 2 kamar tidur. Namun bisa juga dikembangkan lagi kebutuhan tata ruangnya sesuai dengan kebutuhan.

Rumah type 45 mempunyai luas bangunan 45 M2, dan ada berbagai macam jenis desain rumah minimalis type 45, contohnya rumah type 45/60.45/72. 45/90 dan 45/84. Jadi rumah type 45/72 artinya luas bangunan rumah tersebut 45 M2 dengan luas lahannya 72 M2. Jika Anda berminat untuk membangun rumah type 45, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu estmasi biaya yang diperlukan untuk membangun rumah type 45 ini.

 

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Di Lahan 10×12 M2

 

 

Perkiraan Anggaran Membangun Rumah Type 45

 

Luas Lahan dan Desain Rumah

Tahapan awal membangun rumah adalah dengan mengukur luas tanah yang akan Anda dirikan rumah. Pengukuran lahan diperlukan untuk mengetahui  budjet biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah permeter perseginya. Contohnya saja. Kalau Anda mau membuat rumah type 45/90 dengan kisaran harga lahan 2 juta permeter perseginya, nanti anggaran yang diperlukan adalah 2 juta x 90 = 180 juta.

Kalau sudah tahu ukuran lahan yang akan dipakai untuk membangun rumah, selanjutnya adalah merancang desain rumah yang akan dibangun. Jika Anda tidak memiliki keahlian untuk merancang desain rumah sendiri, Anda dapat menggunakan jasa Arsitek Desain Rumah untuk merancang rumah yang Anda inginkan. Biaya desain yang dibutuhkan untuk mendesain rumah menggunakan jasa arsitek itu bervariasi, setiap jasa arsitek memiliki tarif berbeda-beda. Ada jasa arsitek yang memasang harga desain dibawah harga semestinya, namun tentu hasil desainnyapun akan terlihat seadanya dan sesuai dengan tarif desain yang diberikan. Agar hasil desain rumah yang Anda inginkan dirancang dengan memuaskan, Anda bisa menggunakan Jasa Arsitek Desain Rumah DR123 Architect.

 

Bahan Bangunan

Jika sudah memiliki desain rumah yang akan dibangun, berikutnya adalah menyusun daftar bahan material yang diperlukan untuk membuat rumah. Material untuk membangun rumah type 45 biasanya sama dengan bahan material yang digunakan untuk membangun rumah dengan type atau ukuran lainnya. Namun berapa banyak material yang dibutuhkan dan spek materialnya tergantung dari luas bangunan dan juga desain rumah yang akan dibangun.

Material bangunan yang diperlukan antara lain, semen, pasir, batu bata, kayu,  besi atau baja, batu kali, batu kerikil, kusen, genteng, cat tembok, dan lain sebagainya. Harga bahan material tersebut kira-kira 4 sampai 5 juta permeter (harga material biasanya bersifat tentative, tergantung wilayah dan harga material terbaru), untuk menghemat anggaran biaya saat membangun rumah, Anda bisa menurunkan spek material yang akan digunakan, contohnya saja dengan memilih material standar dibanding material premium yang mana harga material standar  lebih murah dibandingkan menggunakan material premium.

 

Baca Juga : Desain Rumah 8 x 15 M2 Ada Ruang Kerja Hadap Taman 2 Lantai

 

 

Anggaran Jasa Tukang

Biaya jasa tukang di setiap wilayah pastinya berbeda. Ada 2 sistem jasa tukang yang bisa Anda pakai, antara lain jasa tukang system harian, dan jasa tukang system borongan. Untuk jasa tukang dengan system harian, besaran upah hariannya muali dari 100 ribu sampai dengan 150 ribu/hari, dan untuk jasa tukang dengan system borongan, biaya jasa tukang yang dibutuhkan biasanya tergantung dari luas lahan yang akan dibangun, kurang lebih kisaran 1 juta lebih permeter persegi atau tergantung dari kesepakatan harga yang Anda dapatkan dari jasa tukang yang Anda gunakan tersebut. Disarankan untuk memilih jasa tukang bangunan yang bisa dipercaya atau yang direkomendasikan oleh kenalan atau rekan Anda, agar hasil bangunan yang dikerjakan bisa selesai tepat waktu dan sesuai dengan anggaran biaya yang direncanakan.

 

Anggaran Lainnya

Jangan lupa untuk menyiapkan biaya lain-lain saat membangun rumah tinggal, antara lain budjet untuk mengurus IMB, budjet membersihkan puing galian atau bekas bangunan, budjet instalasi listrik, dan lain sebagainya. Sebaiknya disiapkan anggaran 10% dari total budjet  anggaran membangun rumah, yang berfungsi sebagai budjet tambahan untuk pengeluaran tak terduga.

Dalam Anggaran lainnya ini, jangan lupa untuk  menyediakan juga budjet untuk mendekorasi interior rumah dan untuk mengisi rumah dengan perabot atau furniture yang dibutuhkan, untuk rumah type 45 yang Anda bangun tersebut.

 

 

Semoga bermanfaat.

 

Pin It on Pinterest

Share This