Desainrumah123.com │ Sebuah rumah memang idealnya memiliki ruang ibadah khusus, dan bagi umat muslim, salah satu ruangan yang paling dibutuhkan adalah Mushola. Kesibukan yang ada terkadang membuat seseorang tak memiliki  banyak waktu untuk beribadah di masjid setiap hari. Karena itu, kehadiran ruang ibadah di rumah menjadi perlu agar kewajiban menghadap Yang Maha Kuasa terus terjaga.   Dan meskipun ibadah sholat bisa dilakukan di ruangan lain seperti kamar dan ruang tamu, ruangan khusus merupakan salah satu cara untuk membuat ibadah lebih khusyuk. Tidak perlu ruangan yang terlalu besar, karena mushola minimalis yang simpel namun tertata dengan apik bisa jadi pilihan Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun mushola di rumah :

  • Ukuran luas mushola

Ukuran mushola yang akan di bangun di rumah minimal memiliki ukuran untuk satu orang yaitu 70 x 140 cm. Jika memiliki lahan luas dan ingin ada ruang untuk anggota keluarga lainnya tinggal di kalikan saja jumlah anggota keluarga dengan ukuran minimal tersebut. Jangan lupa untuk memposisikan mushola sesuai dengan kiblat, Anda dapat menentukan arah kiblat dengan kompas atau menyesuaikan dengan tempat ibadah terdekat di lingkungan rumah Anda.

  • Tinggi ruang mushola

Walupun ukuran mushola tidak terlalu besar sebaiknya tinggi plafonnya lebih dari 2,7 meter. Hal ini berguna untuk menciptakan kesan lapang pada ruang ibadah. Karena bila tinggi kurang dari ukuran tersebut akan memunculkan suasana sempit sehingga mengganggu kenyamanan beribadah

  • Suasana ruang mushola

Suasana ruang ibadah sudah seharusnya berkesan tenang, oleh karena itu Anda bisa mencat mushola di rumah dengan warna-warna yang menyejukan , antara lain warna pastel, seperti turunan dari hijau dan biru. Warna-warna yang menyejukkan mata tersebut bisa digunakan untuk pewarnaan dinding maupun lantai. Hindari warna orange, merah, hitam, dan warna-warna lain yang secara psikologis akan memunculkan kesan sesak dan sempit. Selain pewarnaan Anda juga bisa menghias mushola dengan kaligrafi atau lukisan bertema religi, atur hiasan sedemikian rupa hingga tampak proporsional dengan suasana mushola.

  • Pencahayaan ruang Mushola

Mushola di rumah akan lebih baik jika memiliki fleksibilitas tingkat pencahayaan. Fleksibilitas pencahayaan ini bisa disiasati dengan menggunakan dimmer lampu atau dua grouping lampu, yaitu lampu terang dan temaram. Lampu terang berfungsi untuk kegiatan membaca kitab suci Alquran di mushola.

  • Tempat penyimpanan

Agar perlengkapan sholat dan Alquran tersimpan dengan baik dan rapi, sebaiknya sediakan lemari atau tempat penyimpanan kecil yang tertutup, agar mushola di rumah selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya. Hindari furnitur berornamen terlalu ramai dan berat karena akan mempersempit ruang serta mengganggu kekhusyukan ibadah Anda.

  • Tempat wudhu

Untuk menyempurnakan mushola kecil Anda di rumah, sebaiknya buatlah tempat wudhu khusus yang letaknya berdekatan atau disamping ruangan mushola, usahakan untuk tidak membuat percikan air wudhu mengenai tempat shalat atau masuk ke dalam mushola..

Contoh desain mushola di rumah :

 

Desainrumah123.com