Desainrumah123.com Penggunaan kaca sebagai dinding memberi kesan yang lebih luas dan terang. Material yang digunakan juga lebih sedikit dibanding dinding bata atau gypsum.

Aplikasi kaca pada rumah bukan sekedar bagian dari bukaan saja. Kaca juga mrnjadi pilihan untuk dinding, penutup atap, dan aksesoris pada interior.Kaca dapat menggantikan gypsum atau bata sebagai material utama dinding. Kaca lebih hemat ruang. Lembaran kaca setebal 10mm-12mm dapat menggantikan dinding bata atau gypsum yang tebalnya sekitar 10 cm.

Kaca yang dapat kita gunakan bisa berupa lembaran kaca bening biasa, kaca warna, atau kaca tempered. Untuk memasang kaca sebagai dinding di perlukan bantuan track atau rail. Kaca di jepit dengan track atau rail yang ditanam ke lantai dan plafon. Track ini biasanya terbuat dari aluminium atau stainless steel.

Anda juga dapat menggunakan kaca untuk skylight atau penutup atap carport. Kaca yang digunakan untuk skylight umumnya berketebalan 8mm-10mm. Jenis kaca yang digunakan sebaiknya kaca tempered yang lebih tahan benturan dibanding kaca biasa. Rangkanya menggunakan besi hollow atau kayu.. Sebagai alternative pengganti lembaran kaca, bisa juga digunakan glass block untuk skylight.

Untuk atap carport, kaca yang digunakan sebaiknya berketebalan 10mm-12mm. Dalam aplikasinya kaca dapat di topang rangka hollow, baja, maupun beton. Penopang ini disusun dalam grid dengan ukuran 100cmx100cm agar kokoh menahan kaca supaya tidak melendut. Dibandingkan material transparan penutup atap lain. Misalnya polikarbonat, kaca akan lebih awet. Asalkan tidak terkena benturan keras. Polikarbonat cenderung lebih cepat kotor dan berubah warna dibanding kaca. Apalagi jika sering terkena hujan.

Penting untuk menjadi perhatian dalam mengaplikasikan kaca adalah karakternya yang kaku dan relative tidak tahan benturan. Untuk area dengan mobilitas yang tinggi atau rawan benturan sebaiknya gunakan kaca tempered atau kaca laminated. Kca juga jangan ditanam langsung ke beton atau rangka besi. Beri sealant pada pertemuan kaca dan struktur penopangnya untuk mencegah kaca pecah akibat perubahan suhu. Secara rutin, bersihkanlah kaca dengan pembersih khusus atau sabun cair, khususnya pada kaca yang terpasang di luar ruangan.

Desainrumah123.com