Desainrumah123.comMenyiasati lahan yang terbatas, banyak orang yang memilih mendesain rumah dengan sangat kreatif untuk memanfaatkan lahan yang dimiliki semaksimal mungkin. Ada yang memilih furnitur multifungsi, ada juga yang memanfaatkan seluruh ruangan sebaik-baiknya. Ruang bawah tangga adalah salah satu ruang yang sering dilupakan, padahal kalau Anda kreatif, ruang ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, antara lain tempat atau lemari penyimpanan, rak buku, area santai, kamar mandi kering, dapur kecil, ruang bekerja atau belajar, taman kecil dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tips bagaimana cara untuk memaksimalkan ruang kosong di bawah tangga :

  • Bentuk Tangga

Terlebih dahulu serasikan bentuk tangga dengan apa yang akan Anda buat di bawah tangga. Ada berbagai macam bentuk tangga, antara lain model tangga bentuk L, bentuk U, bentuk Y, model tangga bentuk spiral, dan ada juga model tangga bentuk melingkar. Contohnya adalah bentuk tangga model melingkar cocoknya untuk dibuat taman di bawahnya dibanding dibuat lemari penyimpanan.

  • Sesuaikan Kebutuhan

Pastikan apa yang akan Anda buat di bawah tangga memang di butuhkan di rumah, misalkan untuk rak buku, lemari penyimpanan, atau area santai dan sebagainya.

  • Ukuran

Tentukan ukuran ruang yang ada di bawah tangga dengan apa yang akan Anda buat, buatlah sesuatu yang ukurannya tidak melebihi area bawah tangga.

Nah dengan sedikit kreasi  ruang sisa bawah tangga di rumah Anda akan menjadi area yang menyenangkan, seperti contoh di bawah ini :

 

Semoga bermanfaat !

 

Desainrumah123.com