Tinggal di negara yang memiliki iklim tropis, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan  yang padat, pastinya terbiasa dengan cuaca panas. Namun saat musim panas, udara panas yang menyengat membuat kita tidak nyaman dan juga jadi mudah emosi,  Memasang AC adalah solusi cepat untuk mengatasi masalah udara panas di rumah, namun perlu Anda ketahui cara lain yang lebih praktis dan hemat untuk membuat rumah sejuk tanpa harus memasang AC. Cara berikut ini, selain akan membantu mencegah pemanasan global juga akan menghemat pengeluaran biaya listrik di rumah, antara lain :

 

Baca Juga : 50 Denah Rumah 2 Lantai Berbagai Ukuran

 

Meninggikan Langit-langit Rumah

 

Cara ini disarankan untuk dilakukan di awal saat Anda ingin membangun rumah, cara seperti ini ampuh untuk membuat ruangan di rumah terasa teduh dan juga nyaman. Platform rumah yang tinggi akan membuat ruangan terlihat luas dan memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan rumah. Berbeda dengan langit-langit rumah yang dibangun rendah, yang akan membuat rumah menjadi terasa sesak dan sempit.

 

Memperbanyak Bukaan Ventilasi

 

Ventilasi udara yang baik dibutuhkan supaya ruangan di dalam rumah mendapatkan sirkulasi udara  segar dengan baik.Buatlah bukaan ventilasi udara pada bagian rumah yang dibutuhkan, contohnya dengan membuat beberapa lubang berbentuk segitiga atau kotak pada bagian atap rumah. Anda juga dapat membuat beberapa bukaan ventilasi berbentuk celah atau lubang angin pada dinding ruang keluarga atau ruangan lain yang memang membutuhkan ventilasi udara . Yang harus diingat model ventilasi yang Anda buat, harus sesuai dengan desain rumah Anda supaya rumah Anda tetap tampak indah dan menarik.  Lebih bagus lagi jika Anda membuat ventilasi silang yang berfungsi untuk mempertahankan udara sejuk yang masuk ke rumah, dengan cara buatlah dua bukaan ventilasi atau jendela dengan posisi yang berhadapan. Hal ini selain memperlancar sirkulasi udara, juga akan membuat rumah menjadi sejuk sepanjang waktu.

 

Tanamlah Pohon

 

Pohon yang rindang bukan saja membuat halaman rumah tampak asri dan indah, pohon rindang juga membuat udara sekitar rumah menjadi sejuk, sebab pepohonan berfungsi untuk menyerap panas gas CO2 dan merubahnya menjadi oksigen. Pepohohan yang teduh dan rindang akan menghalau panas matahari dan membuat suasana sekitar rumah menjadi sejuk dan nyaman. Apabila Anda tidak memiliki halaman untuk menanam pohon-pohon besar dan rindang, Anda bisa menanam pohon dengan cara vertical dengan media pot-pot yang digantung atau menanam tanaman rambat pada pagar ataupun dinding luar rumah.

 

Membuat Kolam

 

Elemen air akan memberikan kesejukan dan bisa meredam suhu panas di sekotar rumah. Suara gemericik air juga akan membuat Anda rileks dan tenang. Buatlah kolam ikan kecil atau kolam kecil dengan pancuran air di dalam rumah atau dihalaman rumah, rumahpun akan terasa sejuk dan menenangkan.

 

Nyari Desain Rumah ? KLIK http://desainrumah123.com/shop/

 

Memasang Kray Bambu

Pasanglah kray bamboo pada bagian luar jendela kaca rumah untuk mengahalangi sinar matahari yang akan masuk kedalam rumah, sinar yang masuk melalui celah-celah kray bamboo tidak akan terasa panas karena bamboo akan menyerap panas dan membuat sinar yang masuk melalui celah terasa sejuk.

 

Minimalkan Pemakaian Barang Elektronik

 

Barang elektronik yang penggunaannya memerlukan listrik  turut berperan menghantarkan hawa panas ke dalam rumah, contohnya saja TV, computer, Mesin cuci, setrika, dll. Sebaiknya jangan gunakan peralatan elektronik tersebut pada siang hari, karena akan membuat hawa didalam rumah semakin panas, Anda bisa menggunakannya pada pagi atau sore hari saat panas matahari tidak terlalu terik. Untuk lampu ruangan, Anda dapat memakai lampu LED yang hemat energy dan tidak panas. Jangan lupa untuk mematikan semua peralatan listrik dirumah jika akan pergi.

 

Menggunakan Alternatif Lain

 

Cara mudah lainnya untuk membuat rumah sejuk tanpa AC adalah dengan menggunakan kipas angina. Yup pemakaian kipas angin merupakan cara alternative yang dipilih oleh banyak orang. Kipas angin lebih menghemat listrik jika dibanding AC, harga kipas angin juga jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga AC yang relative mahal. Kipas angin juga ada yang fleksibel,  bisa Anda pindahkan dari ruangan yang satu ke ruangan yang lainnya sesuai kebutuhan.

 

Nah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

 

Pin It on Pinterest

Share This