Bisnis rumah kos merupakan bisnis yang prospeknya sangat bagus dan juga menggiurkan. Rumah kos yang Anda sewakan dapat menghasilkan income setiap bulannya. Namun memiliki usaha rumah kos jangan hanya memikirkan keuntungannya saja, Anda juga harus merawat rumah kos tersebut agar tetap nyaman, aman dan layak ditempati dan membuat penghuninya betah.

Rumah kos umumnya dibangun di tempat-tempat yang letaknya strategis, contohnya saja didekat kampus ataupun dekat perkantoran dan mall. Sebelum Anda membangun rumah kos, sebaiknya perhatikan dahulu hal-hal penting berikut ini :

 

Baca Juga : Desain Rumah Pilihan

 

Mendesain Rumah Kos

Desain rancangan rumah kos yang akan dibangun tidak boleh dibikin asal-asalan. Rumah kos mesti dibuat dengan memperhatikan factor kenyamanan dan juga keamanan penyewa kamar kos. Rumah kos umumnya di desain dengan model sederhana, namun saat ini banyak rumah kos yang di desain dengan gaya moderen.

Rancangan rumah kos yang akan dibangun harus disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Mintalah bantuan jasa arsitek professional untuk membuatkan desain rumah kos kosan Anda. Dengan bantuan jasa arsitek, Anda tidak perlu pusing menghitung anggaran biaya, karena jasa arsitek tersebut yang akan menghitungkan RAB rumah kos kosan yan akan Anda bangun.

Membangun Pondasi Bertingkat

Jika budjet yang Anda miliki belum cukup untuk membangun rumah kos 2 atau 3 lantai,tidak masalah jika rumah kos yang akan dibangun hanya 1 lantai, Anda tetap bisa meminta kepada ahli bangunan yang Anda pekerjakan untuk membuat pondasi bangunan yang kokoh dan kuat untuk nantinya menopang 2 atau 3 lantai. Siapa tahu nanti Anda akan memiliki budjet lagi untuk membangun rumah kos menjadi 2 atau 3 lantai.

Rumah Kos Model Minimalis

Model minimalis banyak dipilih orang sebagai model rumah kos, karena rumah kos dengan model minimalis akan kelihatan lebih nyaman dan bersih, dan perawatannya juga tidak terlalu sulit dan mahal jika dibandingkan dengan rumah kos model klasik atau model desain lainnya.

Lokasi Rumah Kos

Pengusaha rumah kos pasti sudah mengerti lokasi rumah kos seperti apa yang harus diperhatikan dan dipilih untuk membangun rumah kos kosan. Rumah kosan sebaiknya terletak di lokasi lingkungan yang aman dan letaknya dekat dengan area perputaran uang, seperti mall, perkantoran atau kampus.

Kelengkapan Kamar Kos

Ada sebagian rumah kos kosan yang hanya menyewakan kamarnya saja, jadi yang ingin sewa harus membawa sendiri tempat tidur dan keperluan lainnya. Tapi ada juga rumah kos yang kamarnya telah tersedia furniture lengkap, misalkan tempat tidur atau lemari pakaian, ini tentu saja akan meningkatkan harga dari kamar kos yang Anda sewakan.

Area Parkir

Pemilik rumah kos sebaiknya memperhatikan juga area parkir kendaraan untuk para penyewa.Jangan sampai penyewa kos kesulitan mencari area parker kendaraan mereka dan akhirnya parker sembarangan di jalan lingkungan, yang pastinya akan mengganggu dan membuat tidak nyaman warga sekitar.

Ada Area Santai

Jika memungkinkan, bangunlah area terbuka sebagai tempat bersantai penghuni kos kosan, kalau lahan dibawah tidak mencukupi lagi, Anda dapat membangun rooftop. Area rooftop bisa jadi tempat ideal dan asik untuk bersantai para penghuni kos kosan dan membuat mereka betah.

Jaga Kenyamanan, Keamanan dan Kebersihan

Tanpa tiga hal tersebut, yaitu kenyamanan, keamanan dan juga kebersihan, tentunya para penghuni kos kosan tidak akan betah. Untuk itu rumah kos yang dibangun haruslah di desain senyaman mungkin, perhatikan juga keamanan rumah kos dan kebersihannya, Anda bisa mensosialisasikan kepada para penghuni kosan untuk sama-sama menjadi kebersihan rumah kos agar nyaman ditempati.

 

Ingin Desain Rumah Kos ? KLIK http://desainrumah123.com/desain-rumah-custom/

 

 

Contoh Desain Kamar Kos Kosan 

 

Contoh Desain Rumah Kos Kosan

 

 

Semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This