Lantai, salah satu bagian penting dari rumah yang menarik perhatian orang saat berkunjung ke rumah. Pemilihan ornament, warna dan juga jenis penutup lantai akan mempengaruhi keindahan dan estetika sebuah rumah. Anda dapat memilih model lantai seperti apa yang Anda inginkan di rumah, pilih yang sesuai dengan budjet dan selera Anda. Sebaiknya model lantai yang dipilih sesuai dengan tema dan konsep desain rumah yang Anda miliki, agar keindahan lantai dan elemen lain dari rumah Anda bisa menyatu dengan baik.

Ada beberapa pilihan material penutup lantai untuk mendesain lantai rumah yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah : keramik, ubin granit, lantai kayu/parket laminate, vynil, batu alam, lantai plester/ acian poles, dan juga karpet.

 

Baca Juga : Desain Rumah 10,9 x 12 M2 Satu Setengah Lantai  

 

 

Lantai Keramik

Merupakan penutup lantai yang paling banyak digunakan, lantai keramik mudah perawatannya, kuat, dan juga memiliki banyak sekali pilihan corak, warna, dan ukuran. Contoh lantai keramik :

 

Lantai Ubin Granit

Ubin granit lebih kuat dibanding keramik, karena material granit memiliki struktur pori-pori yang lebih rapat, serta tampak lebih kokoh dan harganya lebih mahal dari lantai keramik. Contoh lantai ubin granit :

 

Lantai Kayu / Parket Laminate

Penutup lantai jenis ini ada yang terbuat dari kayu asli yang solid, namun ada juga yang terbuat dari serbuk kayu dicampur bahan kimia dan diberi lapisan seperti kayu atau dikenal dengan lantai parket laminate. Penutup lantai jenis ini akan membuat ruangan terlihat hangat dan alami.Contoh lantai lantai kayu/parket laminate :

 

Lantai Vynil

Adalah penutup lantai yang terbuat dari vynil dengan bentuk lembaran atau bentuk menyerupai papan/ubin. Harganya lebih terjangkau dibanding jenis penutup lantai lainnya. Contoh lantai vynil :

 

Lantai Batu Alam

Penutup lantai dari batu alam akan semakin menambah estetika keindahan rumah. Lantai batu alam akan menghadirkan kesan natural dan juga glamour, harga penutup lantai jenis ini terbilang mahal dibanding jenis penutup lantai lainnya. Contoh lantai batu alam :

 

Lantai Plester/ Acian Poles

Bisa dibilang merupakan jenis penutup lantai paling sederhana dan murah, pembuatan penutup lantai jenis ini sama dengan cara memplester dinding rumah dan di aci sampai rata dan halus permukaannya. Contoh lantai plester/acian poles :

 

Lantai Karpet

Untuk Anda yang suka dengan kehangatan dan kelembutan, dapat memilih karpet sebagai penutup lantai di rumah. Pilih karpet yang sesuai dengan interior ruangan di rumah, dan jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan karpet dan pembersihannya juga karena lantai karpet akan mudah kotor dan bernoda. Contoh lantai karpet :

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Pin It on Pinterest

Share This