Batu alam adalah salah satu material bangunan yang menjadi favorit dan digunakan oleh banyak orang saat membangun rumah tinggal. Penggunaan material batu alam sebagai dinding rumah akan membuat rumah terlihat natural dan alami, sekalipun desain rumah yang Anda usung adalah desain rumah dengan gaya minimalis. Jenis batu alam yang beragam akan membuat tampilan rumah kian indah dan menarik. Ada beragam bentuk dan corak batu alam yang bisa Anda pilih untuk mempercantik dinding rumah Anda, dan berikut adalah beberapa jenis batu alam yang digunakan sebagai dinding rumah :

 

Baca Juga : Biaya Bangun Rumah Type 45 Model Minimalis

 

 

Batu Marmer

 

 

Siapa yang tidak tahu dengan batu cantik yang satu ini, batu marmer dengan permukaan yang selalu terlihat mengkilap dan indah ini akan selalu berhasil untuk membuat tampilan dinding rumah Anda terlihat elegan dan juga mewah. Batu marmer memiliki harga yang relative mahal, sehingga lebih banyak digunakan pada rumah rumah mewah.

 

Batu Paras Jogja

 

 

Batu paras Jogja umumnya memiliki 2 warna, yaitu krem dan putih. Terbuat dari batuan kapur lunak yang berpori pori dan menyerap air. Batu paras Jogja dengan bentuk dan warnanya yang cantik lebih banyak digunakan sebagai dinding interior pada rumah minimalis, jenis batuan alam ini mudah sekali dihinggapi lumut dan serangga, jadi hanya sedikit orang yang berani mengaplikasikannya pada dinding rumah bagian luar (eksterior). Batu alam jenis ini banyak diproduksi di daerah Jogja dan Jawa Tengah.

 

Baca Juga : Ide Desain Rumah 1 Lantai dan 2 Lantai

 

Batu Andesit

 

 

Batu andesit merupakan jenis batu alam yang paling disukai untuk material pada dinding rumah.Batu andesit terbentuk dari batu vulkanik yang bertekstur padat dan keras, batu andesit umumnya memiliki warna abu gelap. Tampilan batu andesit yang indah digunakan banyak orang dan menjadi favorit  untuk digunakan sebagai material dinding rumah interior ataupun eksterior rumah dengan gaya minimalis dan moderen.

 

Batu Candi

 

 

Batu alam candi akan memberikan suasana sejuk dan adem jika diaplikasikan pada dinding rumah. Selain harganya yang relative terjangkau, corak dan warna batu candi yang gelap kehitaman banyak disukai orang dan digunakan sebagai bahan untuk dinding rumah interior ataupun eksterior.

 

Batu Gamping

 

 

Batu gamping atau lebih dikenal dengan sebutan batu kapur disukai banyak orang karena kekuatannya yang tahan disegala suhu dan juga cuaca. Batu gamping memilii beragam warna yang indah dan menawan, antara lain warna putih, biru, abu-abu, merah muda dan coklat. Jenis batuan alam ini cocok diaplikasikan pada dinding rumah dengan gaya desain apapun.

 

Batu Templek

 

 

Batu temple memiliki tampilan alami yang memikat, strukturnya yang padat dank eras juga tahan disegala cuaca menjadikannya cocok untuk diaplikasikan pada dinding eksterior dan interior rumah. Bentuk batu temple yang tidak beraturan malah membuatnya semakin disukai karena akan memberikan tampilan unik dan menarik jika diterapan pada dinding rumah. Batu jenis ini tidak gampang disinggahi lumut dan juga sangat mudah perawatannya, hanya butuh di lap untuk membersihkannya.

 

Semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This