Saat datang musim hujan, biasanya akan datang juga musim banjir, terutama bagi Anda yang rumah tinggalnya berada di wilayah rawan banjir, seperti di kota Jakarta ini. Banjir kerap datang saat musim hujan tiba, dan pastinya bikin Anda pusing dan stress bila rumah Anda ikut terkena banjir. Dampak utama dari banjir adalah kerusakan rumah tinggal serta kerusakan barang-barang didalamnya akibat terendam air, apalagi jika air banjir yang melanda lama surutnya.

Bagi Anda yang setiap musim hujan, rumah tinggalnya kerap menjadi langganan banjir, ada beberapa cara yang bisa coba Anda lakukan untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh banjir. Cara ini sangat membantu untuk mengurangi waktu bersih-bersih dan juga menghemat biaya perawatan rumah pasca dilanda banjir. Berikut caranya :

  • Posisi stop kontak

Stop kontak di rumah harus diletakkan agak tinggi, kira-kira 1,5 meter posisinya dari permukaan lantai. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik, akibat air banjir yang masuk ke lubang stop kontak. Jika terlanjur memasang stop kontak didekat permukaan lantai, segera tutup dengan plastik kedap air selama musim hujan.

 

  • Memasang Lantai Ubin Keramik

Lantai yang terbuat dari ubin keramik tidak mudah rusak walau terendam air banjir dalam waktu yang lama. Lantai keramik juga mudah dibersihkan sehabis terkena banjir. Berbeda dengan lantai kayu yang mudah sekali rusak jika terendam air.

 

  • Kitchen set dari Stainless steel

Kitchen set atau dapur yang terbuat dari stainless steel lebih kuat menghadapi efek buruk dari banjir, jika dibandingkan menggunakan kitchenset dari kayu. Stainless steel tidak akan berkarat bila terendam air banjir dalam waktu yang lama, dan lebih mudah dibersihkan. Agar bisa memindahkan perabot dapur saat banjir, Anda bisa menggunakan free-standing kitchen yang bisa dipindahkan.

 

  • Model Rak Dinding

Gunakan rak dinding minimalis yang bisa diletakkan menggantung. Letakkan rak dinding minimalis 1 meter dari permukaan lantai. Rak dinding minimalis model gantung, membantu Anda memperkecil perabotan yang bisa terendam banjir.

 

  • Bingkai Jendela dan Pintu dengan UPVCV

Jika rumah tinggal Anda saat ini memang rawan terkena banjir, sebaiknya ganti bingkai  jendela dan pintu rumah dengan material dari UPVCV (Unplasticized Poly Vinyl Chloride). Bahan UPVCV memiliki volume lebih ringan jika dibanding material dari kayu, harganya lebih murah dari kayu, dan lebih mudah dibersihkan pasca terkena banjir.

 

Semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This