Rumah adalah kebutuhan pokok bagi semua orang, dan pastinya semua orang ingin mempunyai rumah tinggal sendiri. Namun, biaya untuk bangun rumah yang mahal membuat sebagian orang belum bisa memiliki rumah sendiri. Terlebih Anda juga harus memikirkan biaya hidup sehari-hari  yang harus terpenuhi, yang membuat keinginan Anda membangun rumah belum bisa terlaksana. Membangun rumah tinggal memang tidak murah, dan bagi sebagian orang dengan keuangan yang terbatas, membangun rumah tinggal sendiri merupakan hal yang sangat sulit untuk dilaksanakan.

Untuk mewujudkan mimpi membangun rumah idaman Anda harus sediakan budjet khusus yang tidak sedikit. Untuk bisa menghemat biaya membangun rumah, bisa dimulai dengan menyesuaikan  jenis rumah tinggal yang diinginkan dengan besaran kemampuan finansial yang Anda miliki. Jika keuangan Anda terbatas atau belum mencukupi, jangan memaksakan diri untuk membangun rumah mewah dan besar, Anda bisa membangun rumah impian Anda dengan konsep rumah tinggal bergaya minimalis.

Untuk lebih jelas tentang bagaimana cara menghemat biaya bangun rumah, bisa simak penjelasan berikut ini :

 

  • Membuat Rician Anggaran Yang Dibutuhkan

Ketahui terlebih dahulu tentang ukuran dan bentuk rumah dan juga target waktu saat membangun. Agar jelas untuk apa saja setiap dana yang Anda keluarkan, Anda harus merencanakan dana pembangunan secara detail dan jelas supaya tahu apa saja yang dibutuhkan saat bangun rumah.

 

  • Memakai Rencana Desain Rumah Minimalis

Kondisi keuangan yang terbatas, masih bisa disiasati agar tetap bisa membangun rumah tinggal sendiri, yaitu dengan bangun rumah dengan gaya desain minimalis. Selain sedang menjadi trend, desain rumah minimalis juga memiliki banyak kelebihan, antara lain satu ruangan bisa dirancang menjadi multifungsi, misalkan saja ruangan dapur yang berfungsi juga sebagai ruangan makan, atau ruang tamu yang bisa berfungsi juga sebagai ruang keluarga. Apabila Anda tidak punya biaya untuk membayar jasa arsitek, desain rumah minimalis bisa Anda rancang sendiri dengan referensi rumah minimalis yang bisa Anda peroleh di internet. Dengan memakai rencana desain rumah minimalis, selain menghemat biaya bangun dan material, juga bisa menghemat biaya desainnya.

 

  • Mengupdate Harga Material Terbaru

Pembelian bahan banguanan atau material bangunan adalah salah satu pengeluaran terbesar saat bangun rumah rumah. Harga material bangunan akan selalu berubah dan berbeda disetiap wilayah, oleh karena itu disarankan untuk meluangkan waktu melakukan survey atau update harga bangunan terlebih dahulu sebelum Anda membelinya.Karena setiap toko biasanya akan memberikan harga yang berbeda, jadi Anda tidak perlu malas atau malu untuk mencari tahu mana toko yang menjual harga material termurah. Hal ini tentu saja bisa menghemat pengeluaran biaya Anda.

 

  • Gunakan Bahan Material Lokal Namun Berkualitas

Bahan bangunan atau material yang diimpor dari luar negeri memiliki harga yang jauh lebih mahal dari bahan bangunan produksi local. Jangan takut untuk memilih produk bahan bangunan local karena kualitasnya sekarang tak kalah bagusnya dengan produksi luar negeri. Harganya yang relative lebih terjangkau, tentu saja akan menekan biaya pengeluaran bangun rumah Anda.

 

  • Gunakan Jasa Tukang Borongan,Jangan Harian

Biaya untuk membayar jasa tukang menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat bangun rumah.Jangan salah memilih tukang, pilih tukang yang berpengalaman dan bereputasi baik, Anda bisa cari tahu tentang kinerja tukang tersebut dari kenalan yang pernah memakai jasa mereka atau dari referensi lain yang Anda ketahui.Menggunakan jasa tukang, ada dua system cara pembayaran kerjanya, yaitu jasa tukang dengan system harian dan jasa tukang dengan system borongan. Walaupun tukang dengan system harian dinilai lebih baik cara kerjanya, namun untuk menghemat biaya, Anda bisa menggunakan jasa tukang dengan sistem borongan, karena pembayaran upah tukang dengan sistem borongan akan mendorong tukang bekerja lebih cepat dan Anda juga bisa lebih pasti untuk memperhitungkan total biaya pekerjaannya.Jadi pekerjaan bangun rumah akan lebih cepat selesai dan Anda juga bisa segera menempati rumah baru Anda.

 

  • Membangun Rumah Dengan Bertahap

Membangun rumah dengan cara bertahap, merupakan salah satu cara agar bisa tetap bangun rumah walau dengan dana yang terbatas. Membangun rumah dengan bertahap, bisa Anda mulai dengan membangun pondasi, lalu pendirian bangunan, pemasangan atap, hingga sampai tahap finishing. Untuk pembangunan tahap awal, bisa disesuaikan dengan budjet yang Anda miliki, lalu Anda bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk pengerjaan tahap selanjutnya. Cara ini efektif untuk menekan pengeluaran biaya dan mengefisiensikan pemakaian bahan material bangunan.

 

Jadi, jika Anda memiliki dana terbatas namun tetap ingin membangun rumah sendiri, bisa coba Anda ikuti cara-cara tersebut, selalu sesuaikan kebutuhan dengan budjet yang Anda miliki, jangan menuruti keinginan-keinginan diluar kesanggupan Anda. Penghematan biaya menjadi hal yang sangat penting, agar tahapan bangun rumah Anda bisa selesai dengan baik. Selamat membangun rumah impian.

 

Pin It on Pinterest

Share This