Desainrumah123.com │ Suara gemericik air tak penah gagal membuat kita merasa nyaman dan rileks. Suara air yang mengalir ataupun suara gemericik air yang jatuh di kolam seperti antitesa dari bisingnya hiruk pikuk suasana di luar rumah. Banyak orang enggan membuat air mancur atau kolam di rumah dengan alasan keterbatasan lahan, padahal untuk menciptakan suara gemericik air di rumah Anda, tak selalu butuh halaman yang luas, halaman sempitpun bisa dihiasi dengan air mancur kecil, seperti contoh berikut ini :

  • Air mancur ala Jepang

Air mancur dengan konsep ala Jepang banyak diminati, karena dapat diaplikasikan di lahan yang sempit sekalipun. Air mancur dengan konsep Jepang biasanya memiliki beberapa elemen yang menonjol, antara lain, terdapatnya elemen batu-batuan dan batuan yang biasa di gunakan antara lain jenis batu cadas berukuran kecil, selanjutnya  eleman tanaman yang biasanya memakai tanaman bamboo, ruput atau tanaman perdu, dan yang terakhir adalah  elemen lampu –lampu yang  diletakkkan di sekitar kolam atau air mancur yang dapat menambah suasana tenang dan romantis di sekitar kolam air mancur anda.

  • Air mancur modern untuk taman mungil

Air mancur dengan model yang modern tak akan pernah gagal menarik perhatian. Taman belakang atau depan rumah Anda pasti menjadi area favorit seluruh penghuni rumah dan teman yang berkunjung.

  • Air mancur di halaman depan tanpa kolam

Jika tak memiliki halaman belakang, halaman depan rumah pun bisa jadi pilihan. Tak perlu membangun kolam ikan, cukup batu berundak atau wadah terbuat dari batu sebagai tempat mengalirnya air. Aliran air ini dapat menggunakan listrik atau baterai. Jika tak ingin air terbuang, aturlah agar air yang mengalir ke bawah kembali ke atas lalu mengalir lagi ke bawah—berputar layaknya sistem penyaring akuarium.

  • Pancuran bamboo

Suara air yang keluar melalui bambu selalu mengingatkan kita pada suasana pedesaan yang damai. Anda pun bisa menggunakan kolam mungil berbahan dasar bambu di samping rumah. Agar lebih menarik tambahkan ikan kecil dan tanaman air seperti teratai di kolam ini.

  • Air mancur di halaman belakang yang sempit

Air mancur dengan model air terjun mungil bisa Anda tempatkan dihalaman belakang rumah Anda yang sempit. Air terjun ini tak butuh tempat yang lebar, dinding yang lebarnya hanya 1 meter pun dapat digunakan. Bahkan Anda hanya membutuhkan 60 cm sebagai tempat air terjun. Dan akan lebih baik jika ditambah ikan kecil di kolamnya, namun jika Anda tak terlalu senang merawat hewan, biarkan kolam dalam kondisi kosong—hanya berisi air.

  • Air mancur guci atau gentong

Suara air dapat diciptakan melalui gelembung-gelembung air di tengah guci, tanpa harus membiarkan airnya mengalir dan terbuang ke luar. Jangan lupa untuk selalu membersihkan guci setiap 1-2 minggu untuk mencegah bagian dalamnya berlumut dan timbul jentik nyamuk.

  • Model air macur lainnya yang bisa Anda terapkan di halaman rumah yang sempit

 

Semoga bermanfaat !

 

Desain rumah123.com