Desainrumah123.com’Jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah’, kalimat tersebut kerap tidak berlaku di kala pekerjaan menumpuk dan butuh untuk segera di selesaikan, dan mau tidak mau di saat jam kantor habis orang lebih memilih untuk melanjutkan pekerjaan di rumah, dibandingkan harus lembur kerja hingga larut malam di kantor. Banyak alasan orang memilih untuk bekerja dari rumah, karena tidak ingin kehilangan quality time dengan keluarga atau karena kantor Anda memang di rumah.

Suasana bekerja di rumah tentu saja berbeda dengan suasana kantor pada umumnya. Agar bekerja dari rumah tetap nyaman dan tidak menghilangkan mood bekerja, Anda bisa menciptakan ruang kerja sendiri di rumah. Ruang kerja di rumah tidak perlu harus besar dan luas, yang terpenting adalah Anda tetap nyaman dan bisa tetap berkonsentrasi saat bekerja. Ruang kerja di rumah juga tidak perlu harus berbentuk ruangan, kantor karena ruang kerja Anda di rumah bisa dibuat ‘hanya’ dari sebuah meja dan kursi. Bahkan ruangan berukuran 1,5 m x 1 m juga bisa dijadikan ruang kerja di rumah.

Ruang kerja di rumah bisa berbentuk privat atau semi privat. Rancanglah ruang kerja yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan urutan pekerjaan Anda. Pilihlah bahan dan warna yang membuat Anda nyaman bekerja. Perhatikan pula besaran ruang agar Anda mudah bergerak di dalamnya.

Nah jika Anda ingin tertarik ingin memiliki ruang kerja di rumah, beberapa hal berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda :

  1. Tentukan jenis pekerjaan

Terlebih dahulu Anda harus mengetahui tipe pekerjaan apa yang akan dikerjakan? Apakah pekerjaan administrasi, desain, menggambar manual, atau lainnya? Mengenali tipe pekerjaan menjadi hal yang paling penting sebelum memutuskan untuk membuat ruang kerja sendiri di rumah. Ini karena Anda harus menyiapkan beberapa benda yang sesuai dengan jenis pekerjaan, seperti tempat penyimpanan ekstra, meja kerja dengan monitor layar lebar, atau meja dengan mesin printer berbagai ukuran.

  1. Tentukan lokasi

Ketika membuat ruang kerja, pertimbangkan pula jenis lingkungan yang paling Anda sukai. Apakah ruang privasi total, ruang dengan sedikit suara bising, atau akses mudah ke dapur dan kamar mandi? Dengan mengidentifikasi kebutuhan, ruang kerja akan menjadi tempat yang menyenangkan di rumah.

Baca Juga : 70 Desain Lemari Moderen

  1. Menggunakan bahan yang ada di rumah

Gunakan benda-benda yang ada, seperti meja beroda yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Atau mengubah lemari lawas menjadi tempat penyimpanan laptop dan berkas penting.

  1. Tempat penyimpanan

Jenis penyimpanan yang dibutuhkan mengacu pada jenis material apa yang ingin Anda simpan. Jika Anda bekerja dengan benda-benda berukuran kecil, maka sesuaikan tempat penyimpanan dengan ukuran benda-benda tersebut. Contohnya adalah dengan menggunakan meja yang juga memiliki rak pada bagian bawahnya. Jangan lupakan tempat kertas. Memiliki tempat penyimpanan file dan kertas bisa membantu agar pekerjaan tidak terbengkalai.

  1. Arus listrik

Jangan lupa untuk menempatkan stop kontak di dekat meja kerja. Di era digital seperti saat ini, kebutuhan akan listrik menjadi yang utama.

Baca Juga : Roller Cat Motif Membuat Dinding Rumah Anda Tampil Menarik Tanpa Wallpaper

  1. Pertimbangkan pencahayaan

Kalau bisa, tempatkan meja kerja di samping jendela atau sumber masuknya cahaya matahari. Cahaya matahari mampu mencegah depresi dan membuat suasana gembira. Selain cahaya matahari, Anda juga bisa menempatkan tanaman pada meja kerja. Tanaman hijau juga mampu membuat suasana lebih ceria. Jangan lupa untuk menempatkan lampu di dekat meja kerja. Anda masih membutuhkan pencahayaan tambahan ketika suasana bertambah gelap pada siang hari.

Dan berikut adalah 70 contoh model ruang kerja di rumah yang kami rangkum dari berbagai sumber di internet yang bisa Anda jadikan inspirasi :

 

Semoga bermanfaat !