Desainrumah123.com │Penat dengan rutinitas harian di luar rumah, pasti asik banget sampai rumah bisa beristirahat di ruang keluarga yang nyaman sambil bercengkrama dengan orang-orang tersayang. Dekorasi ruang keluarga yang nyaman adalah salah satu faktor penentu terciptanya kenyaman di rumah. Pasti Anda pernah melihat dekorasi ruang keluarga yang penuh sesak dengan sofa, meja, atau kursi dan perabot lain, yang bukannya membuat Anda nyaman, justru membuat suasana rumah jadi sesak dan sempit, terlebih jika rumah Anda termasuk rumah kecil minimalis dengan keterbatasan lahan untuk membuat ruang keluarga yang luas.

Pilihan untuk mendesain ruang keluarga kecil dengan area lesehan menjadi pilihan yang cerdas. Area lesehan tentunya juga memberikan suasana berbeda dari penggunaan tempat duduk atau sofa. Tempat duduk menggunakan kursi atau sofa di ruang keluarga jauh terlihat lebih formal, sedangkan tempat duduk menggunakan desain lesehan akan menciptakan suasana yang lebih akrab antara satu orang dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah cara untuk mendesain ruang keluarga kecil ala lesehan yang nyaman :

  • Menentukan area dan luasannya

Ruang keluarga  tidak harus luas atau lebar, terutama untuk rumah kecil minimalis. Cukup tentukan area tepatnya yang tentunya nyaman bagi Anda, contohnya menghadap TV atau jendela. Ukur lebih detail ukuran luas dari area lesehan yang akan Anda desain, dengan begitu Anda juga akan dipermudah untuk menentukan ukuran yang tepat dari alas lesehan.

  • Gunakan alas lesehan yang sesuai

Beberapa alas lesan yang sesuai untuk ruang keluarga yang nyaman, antara lain KARPET. Karpet dibuat dengan berbagai bahan yang berbeda, mulai dari yang berbulu tebal sampai dengan yang tipis. Selanjutnya adalah BANTALAN. Biasanya Anda memerlukan sebuah alas terlebih dahulu sebelum menambahkan beberapa bantalan. Anda bisa memilih satu di antara dua bahan tersebut atau bahkan menggunakan kedua-duanya tergantung dari kenyamanan Anda ketika merasakan duduk tanpa sebuah kursi.

  • Dekorasi area lesehan

Dekorasi lesehan dapat dimulai dari alas lesehan itu sendiri. Anda bisa memilih karpet dengan pola desain unik atau bantalan dengan desain warna-warni. Dekorasi lesehan sebenarnya tidak terlalu penting, khususnya bagi ruang keluarga kecil dan minimalis pada suatu rumah minimalis. Yang terpenting yaitu bagaimana alas lesehan yang Anda digunakan dapat terlihat sesuai dan menarik untuk disinggahi.

  • Perawatan area lesehan

Area lesehan membutuhkan perawatan yang lebih sering, terutama dari segi kebersihan. Area lesehan tentunya adalah area yang paling sering menjadi alas injakan kaki yang tidak selalu bersih. Anda harus rajin mengganti alas lesehan dan membersihkan lantai di bawahnya, terutama dari debu dan kotoran kecil.

Contoh desain ruang keluarga ala lesehan berikut ini, bisa Anda jadikan bahan inspirasi :

 

 

 

Semoga bermanfaat !

 

Desainrumah123.com